Situs ini menggunakan cookies. Dengan terus menjelajahi situs ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami

10 Cara Melewati Pemeriksaan Bandara Lebih Cepat

Ketika memasuki bandara untuk mengikuti penerbangan, Anda diharuskan melewati beberapa pintu pemeriksaan barang sebagai standar keamanan penerbangan yang ditetapkan di setiap negara. Salah satu hal yang melelahkan adalah antri untuk dilakukan pemeriksaan. Apalagi apabila Anda sedang diburu-buru waktu karena belum melakukan check in pesawat. Lamanya pemeriksaan sebenarnya bukan semata-mata karena kinerja petugas yang kurang gesit, tapi bisa jadi disebabkan oleh kita sendiri yang lalai dalam bertindak dan dalam mengemas barang bawaan sehingga perlu pengecekan berulang-ulang yang menyebabkan antrian semakin panjang. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Abbey berikan beberapa tips agar Anda dapat melewati pintu pemeriksaan keamanan bandara lebih cepat.

 

 

1. Kemas barang secara efektif

Kelompokkanlah barang bawaan sesuai dengan jenisnya dan pisahkan dengan lapisan tas yang berbeda. Misalkan lapisan pertama untuk pakaian, lalu alat elektronik, pakaian lainnya, lalu barang bawaan lainnya. Pengelompokkan barang ini dapat memudahkan petugas untuk melihat apa saja yang kita bawa. Barang-barang yang tidak jelas atau mencurigakan akan muncul di gambar X-ray dengan jelas sesuai dengan cara kita mengemasnya.

2. Lepaskan barang ketika melewati metal detector

Ketika melewati metal detector lepaskanlah barang-barang yang Anda kenakan seperti sabuk, perhiasan, telepon seluler, dan anting agar langsung lolos dari alat pendeteksi metal. Taruh barang-barang tersebut di tas jinjing Anda sebelum melewati garis pemeriksaan. Hal ini jelas dapat menghemat banyak waktu Anda dan menghindari munculnya masalah.

3. Mempersiapkan dokumen-dokumen yang akan diperiksa

Penumpang harus menunjukkan identitas dan boarding pass. Persiapkanlah dokumen tersebut di satu tempat yang mudah untuk dikeluarkan. Penumpang tanpa identitas wajib mendatangi ruangan cek dokumen untuk memberikan informasi kepada petugas guna memverifikasi identitasnya. Identitas dan boarding pass perannya sangat penting sehingga harus dijaga dan disimpan baik-baik jangan sampai rusak bahkan hilang.

4. Datang tepat waktu

Jadwal rekomendasi kedatangan pesawat terkadang berbeda pada saat hari perjalanan. Oleh karena itu, tanyakan pada customer service maskapai penerbangan yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi paling akurat mengenai jam kedatangan dan keberangkatan pesawat. Jangan lupa untuk meluangkan waktu yang cukup untuk pengecekan barang bagasi dan pemeriksaan keamanan. Di iPhone dan Android tersedia aplikasi untuk mendeteksi apabila banyak waktu Anda yang terbuang untuk menunggu, penundaan penerbangan, atau segala hal lainnya. Aplikasi ini sangat efektif untuk manajemen waktu selama Anda di bandara.

5. Jangan membungkus paket

Apabila petugas keamanan butuh untuk menginspeksi paket yang Anda bawa, maka mereka akan membuka bungkus paket tersebut. Penumpang harus menerima tindakan un-wrapping package tersebut sampai tiba di destinasi tujuan. Sebagai antisipasinya, Anda bisa menggunakan tas cantik sebagai pembungkus paket tersebut, agar apabila paket Anda ditandai oleh petugas mudah untuk membuka bungkusnya. Membungkus kembali paket yang dibuka secara sengaja oleh petugas bisa membuat waktu terbuang dan menyebabkan sakit kepala memikirkannya.

6. Kantongi gadget

Sebelum melewati security line, simpan telepon seluler, iPod, dan gadget lainnya di tas lebih baik daripada di saku. Setelah melewati security line Anda bisa menyimpan kembali gadget sekaligus identitas Anda di saku yang barangkali berguna untuk pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan. Namun tetaplah taruh dompet Anda di dalam tas jinjing yang Anda bawa.

7. Persiapkan keperluan anak

Sebelum memasuki metal detector, keluarkan bayi Anda dari dorongan bayi atau strollers dan gendong bayi Anda untuk melewati metal detector. Biarkan strollers dan gendongan bayi masuk ke mesin X-ray bersamaan dengan barang-barang Anda lainnya. Apabila memungkinkan, lipat strollers sebelum tiba di area metal detector. Biarkan petugas tahu bahwa strollers akan ikut ke dalam mesin X-ray.

8. Berperilaku normal

Menunjukkan perilaku berperang, bercanda yang tidak pantas, dan membuat ancaman merupakan hal yang tidak akan pernah ditoleransi petugas keamanan. Dengan berperilaku tersebut, Anda bisa jadi menunda keberangkatan Anda sendiri atau bahkan kehilangan jam terbang Anda. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berperilakulah secara normal sehingga Anda bisa melewatkan bagian keamanan bandara dengan cepat dan tanpa pemeriksaan lanjutan.

9. Taruh mantel di tas

Simpanlah mantel atau pakaian Anda yang terdiri dari resleting di dalam tas Anda. Apabila Anda merasa kedinginan jika melepaskan mantel, bawalah mantel tanpa resleting sehingga tidak perlu melepaskannya ketika pemeriksaan. Melepas mantel atau pakaian lainnya ketika melakukan pemeriksaan dapat menunda waktu Anda beberapa menit.

10. Temukan garis keamanan yang baru dibuka

Ketika Anda tiba di bandara, periksa apakah ada garis keamanan lainnya  terutama untuk hari-hari sibuk. Para petugas keamanan bandara akan membuka beberapa garis keamanan lainnya di ujung lobby untuk mengatasi antrian panjang. Garis tersebut dibuka lebih sempit dan kecil dibandingkan lebar garis keamanan lainnya sehingga memungkinkan Anda tidak melihatnya. Oleh karena itu, cermatlah dalam mengamati tiap sudut bandara.

 

Sekian tips dari Abbey, yuk biasakan untuk berperilaku tertib sehingga tidak menyusahkan diri sendiri maupun orang lain.